HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK AMANAH DRIYOREJO

Zakia, Aisyatus (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK AMANAH DRIYOREJO. S1 thesis, STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Abstrak.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1. PENDAHULUAN] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of 2024-202002003-Aisyatus Zakia-Cover.pdf] Text
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2024-202002003-Aisyatus Zakia-Skripsi Lengkap.pdf] Text
2024-202002003-Aisyatus Zakia-Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak akan berdampak pada perkembangan sosial anak karena tidak adanya komunikasi dua arah antara anak dengan lingkungan sekitarnya. Fenomena yang terjadi di TK Amanah Driyorejo didapatkan penggunaan gadget yang tinggi, kebanyakan dari mereka mengalami gangguan dalam perkembangan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah. Desain penelitian ini studi korelasional dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik simple random sampling, sampel sebanyak 48 responden. Penelitian ini menggunakan dua kuesioner, yaitu kuesioner penggunaan gadget dan kuesioner PSC-17. Hasil dalam penelitian menunjukkan 33 responden (69%) menggunakan gadget dengan kategori buruk, 6 responden (12%) menggunakan gadget dengan kategori sedang, 9 responden (19%) responden menggunakan gadget dengan kategori baik. Pada perkembangan sosial 38 responden (79%) mengalami gangguan perkembangan sosial, 9 responden (21%) tidak ada gangguan perkembangan sosial. Hasil analisis uji hipotesis rank spearman didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,005), artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah. Pada hasil hipotesis didapatkan correlation coefficient 0, 850 yang memiliki arti kekuatan hubungan dari kedua variabel bersifat sangat kuat dan memiliki arah yang positif. Peneliti menyarankan agar orang tua membatasi dan melakukan pendampingan dalam penggunaan gadget pada anak.
Kata kunci: Anak Prasekolah, Gadget, Perkembangan Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Anak Prasekolah, Gadget, Perkembangan Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Aisyatus Zakia
Date Deposited: 20 Jul 2024 01:49
Last Modified: 20 Jul 2024 01:49
URI: http://repositori.stikvinc.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item
View Item