Penggunaan Digital Learning Materials (DLMs) terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan tentang keterampilan rawat luka pada masa pandemik Covid-19

Prastyawati, Irine Yunila and Kurniawaty, Yuni (2022) Penggunaan Digital Learning Materials (DLMs) terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan tentang keterampilan rawat luka pada masa pandemik Covid-19. Project Report. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Cover Hasil Penelitian] Image (Cover Hasil Penelitian)
Cover.pdf - Cover Image

Download (40kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf - Other

Download (608kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Other

Download (111kB)
[thumbnail of Surat Tugas] Text (Surat Tugas)
ST Penelitian B Nila_2021-2022_1.doc.pdf - Other

Download (62kB)
[thumbnail of Hasil Penelitian] Text (Hasil Penelitian)
LAPORAN PENELITIAN DLMS.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of hasil cek plagiasi.pdf] Text
hasil cek plagiasi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Peer Review DLMS.pdf] Text
Peer Review DLMS.pdf

Download (347kB)

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 saat ini memberi dampak pada seluruh askep kehidupan dan penghidupan manusia, termasuk salah satunya pada aspek pendidikan. Pendidik keperawatan dituntut untuk lebih kreatif dan hendaknya menggunakan pendekatan campuran dalam pegajaran dan pembelajaran pada metode DLMs, hal ini dapat diberikan oleh pendidik yang memiliki pengalaman akademisi keperawatan sehingga memberikan kontribusi pedagogi kontemporer pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini mengetahui penggunaan DLMs terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa keperawatan tentang rawat luka pada masa pandemik COVID-19. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental posttest with control group design,jumlah sampel 15 orang untuk tiap kelompok. Hasil: Jenis kelamin 93,3% perempuan, Pengalaman bekerja 56,7% tidak berpengalaman, lama bekerja 6,15 tahun,
pengalaman merawat luka 66,7% pernah merawat luka. Tes akhir kelompok perlakuan lebih tinggi dari kelompok kontrol (rata-rata 8,10 dengan 7,20). Nilai α= 0.005 < 0.05, sehingga terdapat perbedaan pengetahuan yang berarti antara kelompok kontrol dan perlakuan. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan yang berarti antara kelompok kontrol dan perlakuan. Berdasarkan nilai deskriptifnya terbukti kelompok perlakuan dengan penggunaan DLMS mendapat nilai tingkat pengetahuan lebih tinggi. Saran: Observasi lanjutan tentang penggunaan DLMS dalam peningkatan prestasi mahasiswa/i.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: DLMs, rawat luka, keperawatan, COVID-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Institusi > Laporan Penelitian
Depositing User: Irine Yunila Prastyawati
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:14
Last Modified: 23 Jan 2024 06:51
URI: http://repositori.stikvinc.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item
View Item