Sari, Ria Meilita (2025) Skripsi Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Swasta Surabaya. S1 thesis, STIKES Katolik St. Vincensius a Paulo Surabaya.
![[thumbnail of COVER]](/style/images/fileicons/text.png)
2025_202402057_Ria Meilita Sari_Cover.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](/style/images/fileicons/text.png)
2025_202402057_Ria Meilita Sari_Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN]](/style/images/fileicons/text.png)
2025_202402057_Ria Meilita Sari_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (130kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP]](/style/images/fileicons/text.png)
2025_202402057_Ria Meilita Sari_Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](/style/images/fileicons/text.png)
2025_202402057_Ria Meilita Sari_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (130kB) | Request a copy
Abstract
ABSTRAK
HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN
DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT SWASTA SURABAYA
RIA MEILITA SARI
(202402057)
Perilaku caring mencerminkan empati, komunikasi efektif, dan kepedulian terhadap pasien, yang dapat meningkatkan kualitas layanan keperawatan dan kepuasan pasien. Di rawat inap Rumah Sakit Swasta Surabaya ditemukan keluhan seperti kurangnya penjelasan tindakan, lambat merespons, dan rendahnya perilaku caring. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Penelitian menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 163 pasien di rawat inap Rumah Sakit Swasta Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner perilaku caring berdasarkan teori Watson (Measuring of Nurse Caring Behavior/MNCB) dan kuesioner kepuasan pasien berdasarkan model RATER (Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness). Hasil menunjukkan bahwa 83% perawat memiliki perilaku caring kategori tinggi, dan 52% pasien menyatakan sangat puas terhadap pelayanan. Uji Rank Spearman menghasilkan nilai p = 0,004 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi r = +0,225 berkekuatan lemah, yang menunjukkan semakin tinggi perilaku caring maka kepuasan pasien akan meningkat. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan pihak manajemen rumah sakit terutama di bidang keperawatan untuk menyelenggarakan pelatihan komunikasi efektif, pembinaan karakter melalui refleksi diri, serta pelatihan etika profesi. Evaluasi rutin terhadap perilaku caring perlu dilakukan guna meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien secara berkelanjutan.
Kata kunci: perilaku caring, kepuasan pasien, perawat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku caring, kepuasan pasien, perawat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Ria Meilita Sari |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:39 |
URI: | http://repositori.stikvinc.ac.id/id/eprint/1236 |